00:00 WIB SOLIDARITAS UNTUK NEGRI, Salurkan Bantuan Anda ke Rekening BCA 0353111199 an. Radio Trijaya Shakti     00:00 WIB Hadiah hanya bisa diambil dalam tiga bulan setelah kuis / pengumuman berlangsung.     00:00 WIB Untuk konfirmasi pemenang, hubungi MNC Radio Networks di 021.392.35.55 pada hari dan jam kerja.     00:00 WIB Saat konfirmasi, sampaikan: nama, nomor telepon, waktu menang, jenis hadiah, dan judul program.    

Ini Keuntungan Banyak Gunung Berapi di Indonesia

15 Des 2011 15:56 WIB
Ini Keuntungan Banyak Gunung Berapi di Indonesia

DENPASAR - Rangkaian gunung berapi di Indonesia tidak perlu disesali. Pasalnya dengan banyaknya gunung berapi di Indonesia, maka potensi energi panas bumi juga besar.

"Jika dulu rasanya itu menjadi beban (banyaknya gunung berapi), namun dibalik itu ternyata ada potensi besar yakni energi geothermal," tutur Menteri ESDM Jero Wacik Setengah berkelakar usai tatap muka dengan rombongan Panja Sektor Hulu Listrik Komisi VII DPR RI dan Gubenur Bali I Made Mangku Pastika di Denpasar, Kamis (15/12/2011).

Di Bali sendiri, ada satu sumber tenaga panas bumi geothermal di Bedugul Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan. Ke depan akan ditambah satu lagi yakni energi gas. Khusus untuk geothermal di Bali, lanjutnya, sudah mangkrak sejak 1995. Jero sendiri enggan mencari siapa yang salah, menurutnya yang lebih penting adalah bagaimana melakukan studi ulang yang cepat.

"Jika ada kekeliruan, ya harus diperbaiki dan harus dipercepat urusannya sehingga energi geothermal tersebut, bisa cepat diproduksi," tutur dia.
 
Dia melanjutkan, jika pasokan listrik berasal dari energi geothermal maka akan bisa dilakukan penghematan cukup besar. Energi panas bumi, sambung Wacik, hanya membutuhkan biaya USD8 sen per kwh. "Sementara listrik kita sekarang ini biayanya USD40 sen per kwh," kata dia

"Saat ini Bali memerlukan energi 600 mw, yang 200 mw berasal dari Jawa dan 400 mw dari Bali. Ini semua yang di Bali menggunakan BBM dan itu mahal," tukas Jero. (mrt) (rhs)