00:00 WIB SOLIDARITAS UNTUK NEGRI, Salurkan Bantuan Anda ke Rekening BCA 0353111199 an. Radio Trijaya Shakti     00:00 WIB Hadiah hanya bisa diambil dalam tiga bulan setelah kuis / pengumuman berlangsung.     00:00 WIB Untuk konfirmasi pemenang, hubungi MNC Radio Networks di 021.392.35.55 pada hari dan jam kerja.     00:00 WIB Saat konfirmasi, sampaikan: nama, nomor telepon, waktu menang, jenis hadiah, dan judul program.    

Calon Jamaah Haji Embarkasi Surabaya Hanya Sekitar 2.597 Orang

19 Sep 2012 13:05 WIB
Calon Jamaah Haji Embarkasi Surabaya Hanya Sekitar 2.597 Orang

Surabaya - Calon jamaah haji embarkasi Surabaya pada tahun 2012 ini, jumlahnya menurun hanya sekitar 2.597 orang.  Jamaah haji embarkasi Surabaya Kloter pertama akan berangkat tanggal 21 September dan Kloter terakhir atau kloter ke 80 akan berangkat pada tanggal 20 Oktober 2012.

Dari sekian banyak calon jemaah haji yang akan berangkat, 2 diantaranya merupakan calon jamaah haji tertua yang mempunyai umur masing masing 92 tahun. Dua calon jamaah haji tersebut adalah pasangan suami istri yaitu Robidin dan Musintem.

Saat memberikan pembekalan kepada seluruh calon jemaah haji pada hari ini di masjid Agung Surabaya, Wakil Walikota Surabaya Bambang DH menyatakan, bila dibanding tahun tahun sebelumnya, qouta calon jemaah haji untuk Surabaya bisa lebih besar lagi. Bahkan tahun 2004 lalu, Surabaya mendapat qouta sebanyak 5000 jamaah.

Dengan terbatasnya jumlah qouta calon jemaah haji wilayah Surabaya, membuat daftar panjang bagi calon jemaah haji yang akan berangkat menunaikan ibadah. Menurut, Bambang DH, para calon jemaah haji yang mendaftar pada tahun 2012 ini, baru bisa berangkat pada tahun 2023 atau menunggu 12 tahun lagi. Bambang menyatakan, agar tidak terjadi antrian yang begitu panjang, pihaknya berharap ada penambahan quota bagi calon jemaah haji wilayah Surabaya.

Sementara itu PLT Kepala Kantor Kementerian Agama Surabaya, M. Fachrur Rozi menjelaskan, penentuan kuota CJH Surabaya setiap tahun nya diatur oleh Depag Pusat. Sehingga upaya untuk menambah quota calon jemaah haji sangat tidak mungkin,

Di Jawa timur sendiri pada tahun ini, terdapat 500 lebih jemaah yang membatalkan berangkat, namun qouta sisa tersebut tidak serta merta bisa langsung dipakai, melainkan harus dilaporkan ke pusat terlebih dahulu. Baru setelah itu akan ada pembagian quota lagi.

Menurut Fachur Rosi, dari total quota sisa tersebut, Jawa timur hanya kebagian 187 jemaah yang dibagi ke kota dan kabupaten. Daerah yang mendapat qouta sisa paling banyak yaitu Malang sebanyak 10 jemaah dan Surabaya sendiri hanya kebagian 5 jamaah untuk quota sisa. (Robi Julianto/MKS)