Menang Di Dua Laga Awal, Nasib Nahas Vietnam Jangan Sampai Timpa Timnas Indonesia U-19 Di Piala AFF U-18 2017
Friday, 08 September 2017
Menang Di Dua Laga Awal, Nasib Nahas Vietnam Jangan Sampai Timpa Timnas Indonesia U-19 Di Piala AFF U-18 2017

TIM Nasional (Timnas) Indonesia U-19 meraih hasil positif di dua laga awal Grup B Piala AFF U-18 2017. Usai mengalahkan tuan rumah Myanmar 2-1, Garuda Nusantara –julukan Timnas Indonesia U-19– menghancurkan Filipina 9-0!

Dua kemenangan itu membuat Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan bertengger di posisi puncak, unggul tiga angka dari Vietnam di tangga kedua (Vietnam baru melakoni 1 pertandingan). Meski akan lolos ke semifinal jika mengalahkan Vietnam di matchday ketiga, tim asuhan Indra Sjafri diimbau jangan jemawa.

Sebab potensi tersingkir dan gagal lolos ke semifinal masih ada. Hal itu karena masih ada Vietnam dan Brunei yang akan dihadapi kampiun Piala AFF U-19 2013 itu. Jangan sampai nasib nahas Timnas Vietnam U-22 di SEA Games 2017 menerpa Indonesia.

Vietnam racikan Nguyen Huu Thang begitu digdaya di tiga laga awal Grup B SEA Games 2017. Berturut-turut, Nguyen Cong Phoung dan kawan-kawan menang dengan skor meyakinkan. Sebut saja mengalahkan Timor Leste 4-0, Kamboja 4-1 dan Filipina 4-0.

Hasil itu membuat mereka berada di puncak klasemen dengan koleksi 9 angka, unggul 2 poin dari Indonesia dan Thailand yang berturut-turut menempati posisi 2 serta 3. Bahkan Vietnam masih berada di puncak setelah bermain 0-0 kontra Garuda Muda –julukan Indonesia U-22– di matchday keempat.

Setelah melewati empat pertandingan,Vietnam meraih 10 angka, dibuntuti Thailand dengan koleksi poin identik. Kemudian Indonesia menyusul di tangga ketiga dengan poin 8. Untuk lolos ke semifinal, Vietnam sebenarnya hanya butuh hasil imbang.

Bahkan mereka tetap lolos ke semifinal jika Indonesia gagal menang dari Kamboja. Namun kenyataannya, Vietnam dihancurkan Thailand 0-3. Di laga lain Indonesia menang 2-0 atas Kamboja.

 

Klasemen pun sontak berubah. Thailand keluar sebagai juara Grup B dengan koleksi 13 angka dan disusul Indonesia di posisi dua (11). Vietnam? Finis di posisi 3 dengan 10 poin dan gagal ke semifinal.