Penyambutan Kapolda Jabar yang Baru, Mulai dari Pedang Pora hingga Tarian Daerah
Friday, 08 September 2017
Penyambutan Kapolda Jabar yang Baru, Mulai dari Pedang Pora hingga Tarian Daerah

BANDUNG - Polda Jabar menggelar upacara penyambutan Kapolda Jabar yang baru, Irjen Pol Agung Budi Maryoto yang menggantikan Irjen Pol Anton Charliyan di Mapolda Jabar, Jumat (8/9/2017) sekitar pukul 07.30 WIB.

Upacara diawali dengan pedang pora. Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto didampingi istri Erwinia Charita atau Winnie. Selanjutnya Kapolda dan istri berjalan disambut tarian selamat datang oleh delapan penari daerah. Sambil diiringi para penari, Agung dan istri menyalami para kapolres se-Jabar.

Terakhir, Agung dan istri disambut oleh Kapolda Jabar lama Irjen Pol Anton Charliyan dan istri Ajeng Anton Charliyan. Setelah bersalaman dan berpelukan, kedua petinggi Polri di Jabar tersebut memasuki gedung Mapolda Jabar. 

Di dalam gedung, Agung dan Anton terlibat perbincangan sambil menunggu upacara serah terima jabatan (sertijab) dimulai.

Komandan upacara sertijab AKBP Alfred Ramses Sianipar. Upacara sertijab diawali dengan yel-yel sinergitas antara Polri dan TNI.  Setelah itu inspektur upacara Irjen Pol Anton Charliyan dan Kapolda Jabar Agung Budi Maryoto memasuki lapangan upacara Mapolda Jabar, dilanjutkan dengan Mars Polri. 

Kemudian, Agung dan Anton memeriksa pasukan dengan menaiki mobil dan diiringi lagu 'Maju Tak Gentar'. Selanjutnya pemghormatan kepada pataka Polda Jabar, Ganda Wibawa Cakti. Pataka tersebut diberikan oleh Anton Charliyan kepada Agung. 

"Selamat datang, wilujeng sumping Kapolda Jabar yang baru di tanah Priyangan, Pasundan. Mohon maaf kepada anggota dan masyarakat Jabar jika selama delapan bulan 17 hari menjabat sebagai Kapolda Jabar banyak kekurangan," kata Anton.

Seperti diketahui, Mabes Polri kembali melakukan rotasi para perwira tinggi. Beberapa kepala kepolisian daerah (polda) mengalami perubahan, seperti posisi Kapolda Jawa Barat. Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan dimutasi menjadi Wakalemdiklat Polri. 

(qlh)