Banyak Disukai, Makan Mangga Bisa Cegah Penyakit Diabetes Lho
Friday, 08 September 2017
Banyak Disukai, Makan Mangga Bisa Cegah Penyakit Diabetes Lho

KONSUMSI buah menjadi keharusan setiap manusia. Dengan asupan buah yang cukup, maka tubuh akan tetap sehat dan gizi pun seimbang.

Nah, manfaat kesehatan yang lebih dalam dari mengonsumsi satu buah mangga per hari adalah mencegah penyakit tidak menular seperti serangan jantung dan diabetes.

Penelitian dilakukan untuk memastikan kabar tersebut. The US-based National Mango Board yang mendanai penelitian tersebut. Di mana, organisa tersebut merupakan salah satu pemasok buah eksotis di Amerika Serikat.

Tujuan awal penelitian adalah unfuk mengetahui pengendalian kadar gula darah dan pengurangan kolesterol yang bisa dilakukan mangga. Selain itu, diharapkan juga bisa mendapatkan hasil penelitian bahwa mangga bermanfaat bagi kesehatan otak, kulit, dan usus.

Lebih lanjut lagi, riset mengenai manfaat mangga ini pernah dilakukan sebelumnya. Adalah para periset di Illinois Institute of Technology, Chicago, yang melakukannya. Mereka meneliti tujuh studi sekaligus, di mana topiknya adalah keterkaitan antara diabetes tipe 2 dan mangga selama dua dekade terakhir.

Hasil penelitiannya menunjukan fakta yang cukup mengagetkan. Mereka menemukan bahwa konsumsi buah tampaknya mampu mengendalikan kadar gula darah baik pada manusia maupun penderita hewan.

Ya, selain dilakukan pada manusia, penelitian itu juga menggunakan hewan sebagai bahan ujinya. Percobaan pada hewan pengerat menunjukkan manfaat yang serupa bagi mereka yang tidak memiliki kondisi yang dapat dicegah dengan mengendalikan glukosa darah.

Perlu Anda ketahui, diabetes tipe 2 dapat menyebabkan kebutaan dan amputasi. Masalah ini biasanya disebabkan saat tubuh tidak menghasilkan cukup insulin yang menyebabkan glukosa tetap berada di dalam darah.

Mangga sendiri ternyata memang buah yang tidak hanya enak dikonsumsi tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Seperti yang dikatakan Dr. Britt Burton-Freeman, peneliti di Pusat Penelitian Nutrisi universitas, mangga adalah salah satu buah populer di dunia. "Mereka mengandung berbagai nutrisi penting dan komponen bioaktif yang berperan dalam mendukung fungsi metabolik utama tubuh," katanya seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (8/9/2017).

Setelah itu, ada fakta lain yang mengungkapkan bahwa mangga baik untuk kulit. Pada tahun 2013, ilmuwan Korea menemukan bahwa mangga memiliki kemampuan untuk melawan keriput dengan melindungi kolagen. Produksi kolagen menurun secara alami saat orang dewasa bertambah tua, menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya. Rambut juga terpengaruh. Nah, dengan konsumsi mangga, kolagen tubuh tetap terjaga. Makanya kulit tetap sehat.

Kemudian, mangga juga bisa mengurangi kepikunan. Para peneliti Iran dua tahun lalu yang membuktikannya. Mereka menemukan fakta bahwa mangga dapat mencegah demensia. Buah ini mencegah pembentukan gumpalan beracun di otak yang diyakini sebagai tanda ciri khas penyakit ini.

Namun, periset AS mengungkapkan bahwa analisis mangga ini perlu dilakukan penelitian lanjutan. The National Mango Board menegaskan, jangan hanya karena bisnis, penelitian diiyakan begitu saja. Tetap harus ada penelitian tambahan untuk memperkuat fakta.

(hel)