00:00 WIB SOLIDARITAS UNTUK NEGRI, Salurkan Bantuan Anda ke Rekening BCA 0353111199 an. Radio Trijaya Shakti     00:00 WIB Hadiah hanya bisa diambil dalam tiga bulan setelah kuis / pengumuman berlangsung.     00:00 WIB Untuk konfirmasi pemenang, hubungi MNC Radio Networks di 021.392.35.55 pada hari dan jam kerja.     00:00 WIB Saat konfirmasi, sampaikan: nama, nomor telepon, waktu menang, jenis hadiah, dan judul program.    

Jogja Kembali Meningkatkan Predikatnya Menuju Kota Layak Anak

19 Jun 2012 14:48 WIB
Jogja Kembali Meningkatkan Predikatnya Menuju Kota Layak Anak

Yogyakarta - Setelah inisiasi menuju kota layak anak pada tahun 2009 lalu, kini Kota Yogyakarta kembali akan meningkatkan predikatnya dalam rangka menuju kota layak anak tersebut.

Sebelumnya kota ini masih berada pada kategori pratama, kini akan ditingkatkan menjadi kategori madya. Menurut Soepalarta, ketua tim verifikasi kota layak anak, ada lima aspek yang dinilai, diantaranya sosial, pendidikan dan kesehatan.

Namun, kota Yogyakarta sendiri menurutnya masih perlu banyak perbaikan. Untuk bidang kesehatan misalnya, Soepalarta mencontohkan, masih banyak ditemukan fasilitas umum dan bahkan di lingkungan balaikota saja tidak memiliki ruang laktasi, atau khusus ibu menyusui.

Padahal keberadaan ruangan ini dinilai penting dalam kaitannya dengan program ASI eksklusif bagi bayi. Selain itu, dalam bidang pendidikan, di Yogyakarta juga belum ada sekolah layak anak. Meskipun ada sekolah yang dinilai bisa memenuhi kriteria layak anak tersebut.

Kurniasih, anggota Tim Verifikasi Kota Layak Anak menyatakan bahwa di Indonesia belum ada kota maupun kabupaten yang mendapat predikat tersebut. Saat ini memang baru ada predikat menuju Kota Layak Anak. Namun, predikat tersebut bisa diraih jika ada keterpaduan dari berbagai pihak.

Predikat ini juga bisa ditingkatkan melalui gerakan dari bawah, misalnya menurut Kurniasih melalui pencanangan kampung layak anak kemudian kelurahan layak anak dan meningkat hingga ke kota layak anak. (Mahadevi/MKS)