Iruna e-Logistics, Hadir Sebagai Solusi Logistik Bagi E-Commerce, UMKM, dan Brand lokal
Monday, 17 July 2017
Iruna e-Logistics, Hadir Sebagai Solusi Logistik Bagi E-Commerce, UMKM, dan Brand lokal

UMKM dan E-commerce mempunyai peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, UMKM juga berperan dalam mendistribusikan hasil-hasil pembangunan. UMKM telah memberikan kontribusi pada Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 57-60% dan tingkat penyerapan tenaga kerja sekitar 97% dari seluruh tenaga kerja nasional (Profil Bisnis UMKM oleh LPPI dan BI tahun 2015). Produktifitas dan kontribusi UMKM diproyeksikan untuk terus bertambah. Pasar e-commerce sendiri sangat menjanjikan. Menurut Kominfo pada 2020 pasar e-commerce Indonesia diprediksi akan memiliki nilai sebesar US$130 miliar (sekitar Rp1,7 kuadriliun). Para pelaku UMKM juga mulai memasuki pasar e-commerce.

 

Salah satu jalan untuk meningkatkan produktifitas adalah dengan meningkatkan efisiensi distribusi dalam transaksi dagang. iruna hadir sebagai satu-satunya perusahaan e-Logistics di Indonesia yang memberikan platform solusi back-end untuk transaksi dagang secara terintegrasi diharapkan dapat mendorong perkembangan bisnis UMKM dan e-commerce. iruna terbuka bagi para pelaku usaha UMKM untuk bisa bermitra dengan iruna dengan menawarkan solusi operasional bagi UMKM yang biasanya sering menemui kesulitan dalam mengatur distribusi, kebutuhan penyimpanan serta proses pengemasan barang yang layak. Para UMKM seringkali juga memiliki kekurangan sumber daya cukup dalam menyediakan foto produk. Bersama iruna, UMKM dan e-commerce dapat #BerbisnisDenganIruna dan mempercayakan iruna dalam menangani hambatan tersebut. Singkatnya, iruna memudahkan perjalanan bisnis para UMKM dan menjadi solusi di ranah logistik.

 

Layanan Logistik iruna #PastiBeres

Pelayanan yang akan didapatkan penjual diantaranya adalah pengambilan, penyimpanan di fullfilment center, dan pengemasan barang, foto produk, dan pemasaran pada marketplace partner iruna.

 

Penyimpanan barang dilakukan di sistem pergudangan yang terintegrasi yang disebut fulfillment center. Luas tiap fulfillment center sekitar 3000 hingga 10.000 meter persegi, dimana akan dilengkapi dengan teknologi pengamanan 24 jam dan CCTV di setiap sudutnya. Tersedia pula fasilitas penyimpanan dengan controlled environment, yaitu ruangan untuk produk berkebutuhan khusus dengan pengaturan kondisi suhu, kelembaban, pencahayaan khusus, dan lain-lain untuk barang yang membutuhkan perhatian istimewa. Di tahun ini, iruna memberikan free – storage selama 90 hari pertama.

 

iruna melakukan seluruh proses mulai dari inbound dan outbound barang serta return management, proses pengiriman yang tepat waktu dan real time melalui interface data hingga integrasi dengan market place dan toko online.

 

Pengguna dapat memantau status produk mereka melalui aplikasi iruna Power Seller atau POWS. Melalui aplikasi POWS, pengguna dapat melihat ringkasan penjualan, status pemesanan, laporan transaksi, pengiriman, hingga stok barang yang masih tersedia. Aplikasi tersebut saat ini masih tersedia hanya untuk platform Android. Integrasi data dalam satu sistem digital inilah yang menjadi keunggulan Iruna dibanding perusahaan logistik konvensional.

 

“Kami memberikan solusi layanan logistik berbasis digital yang terintegrasi dengan situs dagang milik pelaku usaha, dilengkapi dengan aplikasi panel mangement inventory ke fulfillment center yang dapat diakses secara real time dan online.”  Yan Hendry Jauwena selaku CEO dan Founder iruna memaparkan.

 

Bagi para pelanggan yang menggunakan full service, iruna menyediakan free pick up di seluruh Indonesia.

 

Iruna Hadir di Seluruh Wilayah Indonesia

Sebagai upaya untuk menjangkau pasar yang lebih luas terutama UMKM di beberapa daerah, kini iruna telah mempersiapkan fulfillment center, sebagai sistem pergudangan terintegrasi yang nanti akan berdiri sembilan fulfillment center di seluruh wilayah Indonesia. Adapun fulfillment center Iruna di wilayah Jakarta sudah beroperasi pada awal tahun ini, sementara lokasi Surabaya akan diresmikan pada bulan Aguastus dan Yogyakarta segera menyusul beroperasi. Untuk wilayah Sumatera akan dibangun di kota Medan dan Palembang, di Sulawesi akan dibangun di kota Manado dan Makassar, di Kalimatan akan dibangun satu warehouse di Balikpapan dan untuk mensuport wilayah Indonesia Timur akan berdiri satu warehouse di Ambon.

 

 “Dengan tersebarnya fulfillment center iruna di seluruh wilayah Indonesia, kami optimis bisa memberikan pelayanan maksimal dan efektif bagi seluruh pelaku UMKM dan pengusaha e-Commerce di seluruh Indonesia. “ tutup Yan Hendry.

 

Tentang Iruna e-Logistics

iruna e-Logistics adalah perusahaan penyedia solusi logistik digital karya anak bangsa yang mengintegrasikan teknologi informasi dengan logistik. iruna berfokus untuk melayani pengusaha e-commerce, local brand, UMKM dan perusahaan-perusahaan lain yang membutuhkan solusi e-Logistik. Enam bulan sejak didirikan, Iruna telah memiliki 57 karyawan dan lebih dari seratus kurir. iruna telah bekerja sama dengan lima korporasi, sekitar seratus UMKM, dan forum – forum wirasuaha.

 

 

 

Media Contact

Rizky Caesari Febriyanti

Hepi Inc

0821 230 68 255

project@hepi-inc.net / rizky.caesari@gmail.com