Tol Brebes-Batang Mulai Dibuka, Arus Kendaraan Masih Lancar
Monday, 19 June 2017
Tol Brebes-Batang Mulai Dibuka, Arus Kendaraan Masih Lancar
Tol Brebes Batang sudah mulai dibuka dan arus pun masih lancar

SLAWI - Ruas jalan tol fungsional Brebes-Batang resmi dibuka untuk kendaraan pemudik, Senin (19/6/2017) atau H-7 Lebaran. Kondisi arus di ruas tol yang belum 100% jadi tersebut masih lancar. Pantauan SINDOnews, ruas tol sepanjang 110 kilometer (km) itu mulai dibuka sekitar pukul 14.30 WIB.

Pembukaan dilakukan di Gate Tol Kaligangsa, Brebes. Kendaraan pemudik dari arah Tol Pejagan langsung diarahkan masuk ke tol fungsional dengan pengawalan sejumlah mobil patwal di bagian paling depan.

Hingga sekitar pukul 16.00 WIB, kondisi arus di dalam ruas tol hingga wilayah Kabupaten Tegal relatif masih lancar. Beberapa kendaraan pemudik bahkan melaju dengan kecepatan hingga 60 kilometer (km) per jam, melebihi imbauan batas kecepatan 40 km per jam.

Salah satu pemudik, Romi (40) mengatakan kondisi jalan tol fungsional cukup layak untuk dilalui meskipun belum 100% jadi.

"Katanya sudah bisa dilewati, ya sudah lewat sini," kata pemudik asal Karawang, Jawa Barat ini, Senin (19/6/2017).

Kapolres Tegal AKBP Heru Sutopo menghimbau pemudik untuk tetap mematuhi batas kecepatan maksimal 40 km per jam karena kondisi badan jalan masih berupa beton lean concrete (LC) dan sisi kanan kiri masih berdebu.

"Di ruas tol fungsional di wilayah Kabupaten Tegal kita sudah dirikan pos pam di rest area dan exit darurat untuk mengamankan pemudik dan memberikan imbauan keselamatan melalui pengeras suara," kata Heru saat melakukan pemantauan di pos pam rest area Penarukan, Adiwerna, Kabupaten Tegal, Senin (19/6/2017).

Heru juga mempersilahkan pemudik untuk memanfaatkan keberadaan 8 rest area yang ada di sepanjang ruas tol mulai Brebes hingga Gringsing, Batang. "Khusus di wilayah Kabupaten Tegal ada dua rest area. Silahkan beristirahat di rest area jika sudah merasa lelah," katanya.