Tips Mudik Nyaman dengan Manfaatkan Kartu Jaminan Sosial
Monday, 19 June 2017
Tips Mudik Nyaman dengan Manfaatkan Kartu Jaminan Sosial
Saat ini peserta bisa menggunakan kartunya di mana saja untuk emergency atau sekedar konsultasi.

MUDIK nyaman dengan menggunakan kartu jaminan sosial kini bisa di mana saja. Tapi bagaimana tipsnya supaya Anda tetap mendapatkan pelayanan yang baik?

 "Pemudik diharapkan semakin nyaman mudik dengan menggunakan kartu JKN-KIS. Saat pergi jangan lupa bawa kartunya itu, baik itu milik sendiri atau keluarga," ujar Kepala Grup Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer BPJS Kesehatan Fachrurrazi, saat ditemui di kawasan Cempaka Putih, Jakarta, Kamis 15 Juni 2017.

Lebih lanjut, Anda harus tahu tips mudik nyaman dengan menggunakan kartu sakti itu, untuk konsultasi atau emergency. Simak ulasan berikut yang dirangkum Okezone:

Pahami kegunaan kartu

Setiap peserta harus memahami ketentuan sebelum menggunakan kartu JKN-KIS. Jika Anda sekedar berkonsultasi bisa datang ke puskesmas. Kalau langsung ke rumah sakit pelayanannya akan membludak dan lama ditangani.

Bawa kartu JKN-KIS yang aktif

Saat ini peserta bisa menggunakan kartunya di mana saja untuk emergency atau sekedar konsultasi. Bedanya dengan tahun lalu, sebelum memakai kartu tersebut Anda tak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat. Saat di perjalanan mudik, Anda juga sudah bebas menggunakan kartu tersebut di puskesmas atau rumah sakit.

Pilih rumah sakit yang kerja sama

Di semua daerah ada beberapa rumah sakit yang tidak bekerja sama dengan asuransi jaminan sosial ini. Lebih baik Anda mencari rumah sakit yang bekerja sama untuk memudahkan Anda mengklaim asuransi. Tapi berbeda kondisinya dengan emergency, Anda bisa menggunakan kartu kepesertaan di semua fasilitas kesehatan terdekat.

Manfaatkan call center

Jika Anda merasa kesulitan menggunakan kartu segera telefon call center. Setidaknya, Anda mendapatkan bantuan agar lebih nyaman menggunakan kartu. Atau jika Anda ingin datang ke fasilitas kesehatan terdekat, apakah bisa menggunakan kartu tersebut atau tidak.

(hel / okezone)