CIMB Niaga Syariah Jalin Kerja Sama dengan HIMPUH
Wednesday, 12 April 2017
CIMB Niaga Syariah Jalin Kerja Sama dengan HIMPUH

JAKARTA. Sebagai bagian dari strategi pengembangan bisnis ke depan, Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) menjalin kerja sama dengan Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji Khusus (HIMPUH). Kali ini, perseroan menawarkan layanan end-to-end kepada organisasi maupun para anggota HIMPUH.

 

HIMPUH merupakan kumpulan travel agent penyelenggara Umrah dan Haji Khusus dari seluruh Indonesia. Himpunan yang berdiri sejak 2009 ini telah memandu dan membantu anggotanya melayani para jamaah Haji dan Umrah khusus.

 

“HIMPUH memiliki 340 anggota travel Haji dan Umrah yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Dengan jumlah anggota yang tidak sedikit, kesempatan kami untuk mengembangkan bisnis terkait pelaksanaan Umrah dan Haji Khusus juga semakin besar,” ujar Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara saat penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan HIMPUH di Jakarta, Rabu (12/4).

 

Kerja sama ini, lanjut Pandji, mendatangkan sejumlah potensi bisnis yang bisa dimanfaatkan CIMB Niaga Syariah, seperti penambahan customer base syariah melalui pembukaan rekening para anggota HIMPUH, transaksi Visa Umrah, Bank Garansi para anggota HIMPUH, transaksi SAR bagi anggota dan jamaah HIMPUH, serta Tabungan Haji dan Umrah. Perseroan pun memiliki kesempatan untuk meningkatkan kerja sama dengan para merchant sekaligus menawarkan syariah card untuk program Umrah cicilan 0%.

 

Seperti diketahui, CIMB Niaga Syariah menyediakan sejumlah produk dan layanan yang dapat dimanfaatkan nasabah. Pada segmen Business Banking, CIMB Niaga Syariah menawarkan pembiayaan Haji dan Umrah, treasury, dan cash management.

 

Adapun untuk pelaksanaan Umrah dan Haji Khusus, perseroan menyediakan pembiayaan pemesanan tiket pesawat, hotel/penginapan, catering/konsumsi, modal kerja Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK)/Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), Bank Garansi untuk PIHK dan PPIU, serta pembiayaan Umrah.

 

Di bidang treasury, CIMB Niaga Syariah menyediakan layanan Bank Notes USD dan SAR serta Forex Line Facility. Kemudian, di bidang cash management, tersedia Giro Rupiah dan USD, Kartu Debit/ATM dan Kartu Kredit, Virtual Account, Electronic Data Capture (EDC), EDC Receivable, Remitansi, E-Tax, Bills Payment, E-MFTS, dan Mobil Kas Keliling.

 

Adapun pada segmen Consumer Banking, CIMB Niaga Syariah memiliki sejumlah produk unggulan, baik simpanan maupun pembiayaan. Untuk produk simpanan, nasabah dapat mengakses produk Tabungan iB Mapan Wakaf dan Tabungan Haji (yang terdiri dari Tabungan iB Pahala Haji dan iB Rencana Haji).

 

 

 

Pada pembiayaan rumah, tersedia juga produk KPR iB dan KPR iB Flexi. Bagi nasabah yang memerlukan kartu pembiayaan, Syariah Gold Card hadir dengan tiga fitur unggulan, yaitu solusi finansial yang 100% berlandaskan prinsip syariah, bebas iuran tahunan seumur hidup untuk kartu utama, serta nilai tukar yang sangat kompetitif untuk transaksi dalam mata uang asing.

 

“Kami menawarkan produk yang komprehensif sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan nasabah. Kedua segmen ini menjadi fokus kami mengingat potensi pengembangannya masih sangat besar,” ungkap Pandji.

 

Melalui kerja sama ini, CIMB Niaga Syariah meyakini kinerjanya bakal terpacu setelah mencatatkan pertumbuhan yang positif sepanjang tahun lalu. Hingga 31 Desember 2016, penyaluran pembiayaan CIMB Niaga Syariah mencapai Rp10,21 triliun atau tumbuh sebesar 40,2% dibandingkan pencapaian tahun sebelumnya sebesar Rp7,28 triliun.

 

Adapun penghimpunan dana pihak ketiga bertumbuh 40,2% menjadi Rp10,63 triliun dari periode yang sama tahun 2015 sebesar Rp7,58 triliun. “Potensi pengembangan bisnis syariah masih sangat besar. Dengan inovasi yang terus kami lakukan, kinerja CIMB Niaga Syariah diyakini bakal terus bertumbuh positif pada tahun ini dan seterusnya,” tutup Pandji. 

 

(RM)