LIVE BY NIGHT: Mimpi Amerika Memiliki Harga
Wednesday, 11 January 2017
LIVE BY NIGHT: Mimpi Amerika Memiliki Harga

 

Genre: Crime, Drama

Sutradara: Ben Affleck

Pemain: Ben Affleck, Chris Messina, Elle Fanning, Brendan Gleeson, Sienna Miller, Zoe Saldana, dan Chris Cooper

Distributor: Warner Bros. Pictures

Durasi: Sekitar 2 jam

Mulai Tayang di bioskop Indonesia: 10 Januari 2017

 

 

Live by Night merupakan film drama kriminal yang mengisahkan tentang era kejahatan di Boston, Amerika pada tahun 1920-an. Di mana pada masa itu Pemerintahan Amerika melarang keras produksi dan penjualan rum atau minuman keras, hingga menimbulkan “gerakan bawah tanah”, gngster dan polisi korup.

Ben Affleck menjadi sutradara dan produser berperan sebagai Joe Coughlin, sosok pria tangguh yang kemudian jatuh pada pilihan yang salah. Bermula pada perasaan kecewa terhadap pengalamannya sebagai seorang prajurit dalam Perang Dunia I, kemudian membuatnya menjadi seorang perampok dan bersumpah untuk tunduk terhadap otoritasnya lagi.

 

 

Kisahnya berawal saat Joe bersama kedua rekannya memutuskan untuk merampok tempat perjudian, tanpa mereka sadari kedai tersebut merupakan milik Albert White (Robert Glenister) dan di sanalah awal pertemuan Joe dengan Emma Gould (Sienna Miller). Mereka mulai berselingkuh di belakang Albert White.

 

 

Joe Coughlin berencana untuk melakukan pelarian dengan sang kekasih, setelah melakukan  perampokan bank, hingga semuanya berjalan tak sesuai dengan rencana. Albert White mulai mengetahui perselingkuhan tersebut pun berakhir murka. Hingga Emma Gould diduga tewas dalam kecelakaan mobil.

Joe yang terlibat dalam kasus perampokan dijerat hukuman penjara. Melihat anaknya dalam kesulitan, ayah Joe yang merupakan kepala polisi deputi intelijen Thomas Coughlin (Brendan Gleeson), mencoba membantu dengan cara yang tak pernah ia bayangkan. Seorang polisi jujur menjatuhkan dirinya pada tindakan kotor, dengan melakukan perjanjian untuk meringankan hukuman anaknya.

 

 

Setelah bebas dari penjara, Joe berusaha untuk membalaskan dendamnya kepada Albert White atas kematian Emma. Di bawah perlindungan mafia Italia Maso Pescatore, Joe melanggar sumpahnya untuk tidak bekerja dengan mafia. Joe dikirim ke Tampa, Florida, untuk memperkuat operasi rum bersama rekannya Dion Bartolo (Chris Messina).

 

 

Di Tampa, Joe kembali jatuh hati dengan wanita Kuba Graciela Suarez (Zoe Saldana) yang menjadi bahan cibiran anggota Klan, sebuah kelompok rasis ekstrem, R.D. Pruitt (Matius Maher), adik ipar dari kepala polisi Tampa Irving Figgis (Chris Cooper). Sedikit demi sedikit Joe membangun kerajaan bisnisnya dengan membuka kasino Pescatore.

 

 

R.D yang terus menerus meneror bisnis Joe, membuat dirinya geram. Joe mengancam Figgis dengan menunjukkan foto-foto putrinya Loretta (Elle Fanning) tanpa mengenakan busana dan dalam keadaan kacau sebagai pecandu narkoba. Loretta akhirnya bertobat dan kembali ke Tampa. Pengalamannya jatuh dalam dunia gelap membawanya menjadi seorang pengkhotbah terkenal di Tampa. Dalam setiap khotbahnya Loretta menyampaikan, ia mengutuk rum dan perjudian, hingga tanpa sadar mempengaruhi penurunan bisnis milik Joe.

Secara keseluruhan, "Live by Night" dapat memberikan ketegangan yang luar biasa, dengan adegan didominasi serangan senjata dan pembunuhan memberikan sensasi tersendiri. Film ini juga menyampaikan pesan moral yang mendalam bagi para penontonnya. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(M1)