00:00 WIB SOLIDARITAS UNTUK NEGRI, Salurkan Bantuan Anda ke Rekening BCA 0353111199 an. Radio Trijaya Shakti     00:00 WIB Hadiah hanya bisa diambil dalam tiga bulan setelah kuis / pengumuman berlangsung.     00:00 WIB Untuk konfirmasi pemenang, hubungi MNC Radio Networks di 021.392.35.55 pada hari dan jam kerja.     00:00 WIB Saat konfirmasi, sampaikan: nama, nomor telepon, waktu menang, jenis hadiah, dan judul program.    

Naskah Dan Ide Pancasila

01 Jun 2012 11:10 WIB
Naskah Dan Ide Pancasila

Hari ini diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila. Namun, apakah anda tahu, ternyata naskah awal asli pancasila tidak seperti Pancasila saat ini. Bahkan naskah dan ide Pancasila, bukan ditulis sendiri oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno, tetapi dari temannya, tapi sayangnya tidak disebutkan siapa pemilik ide dan yg menulis naskah Pancasila.

Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia atau ANRI, M. Asichin dalam acara peringatan hari kelahiran Pancasila di Gedung ANRI Jakarta, siang ini mengatakan, pada naskah asli yang di simpan di ANRI,  serta pidato Bung Karno dihadapan BPUPKI pada 1 Juni 45, diketahui bahwa kalimat Pancasila berasal dari temen Bung Karno.

Menurutnya, kalimat lahirnya Pancasila juga tidak seperti yang sekarang ini beredar, karena waktu itu Bung Karno hanya menngemukakan 4 prinsip yang harus ada di Pancasila, yaitu prinsip Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau perikemanusiaan, mufakat atau demokrasi, serta kesejahteraan sosial. Dan prinsip yang kelima ia sodorkan seharusnya dengan menyusun Indonesia merdeka dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kepala ANRI, M. Asichin menegaskan bahwa ANRI hanya menyimpan arsip sejarah bukan menafsirkan sejarah, karena itu kewenangan budayawan.

Selain arsip naskah asli Pancasila, ANRI juga memiliki naskah supersemar yang berasal dari Puspen TNI maupun Setneg. Namun pihaknya masih menelusuri naskah supersemar yang asli, karena keduanya dinilai bukan merupakan naskah asli supersemar. (ANP)